Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari

6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari - Membina hubungan yang baik antara sesame manusia merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh setiap orang.

Pentingya membina yang baik ini, karena kita merupakan makhluk social yang tidak mungkin dapat dan mampu hidup sendirian tanpa bantuan orang lain.

Berikut  beberapa “kiat membina hubungan yang baik sesama manusia yang berlaku umum dalam kehidupan sehari-hari, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari

Manusia tidak dapat hidup sendirian, manusia adalah makhluk social yang harus saling membutuhkan dan saling melengkapi.

Artikel terkait lainnya : Tata krama dan adab berpakaian dalam islam, 5 fungsi pakaian dan batasan aurat laki-laki dan perempuan dalam islam

Satu individu dengan individu yang lain harus saling menghargai , tolong menolong, dan lain sebagianya, nah bagaimanakah menciptakan hubungan yang baik itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 
#1. Belajar menghargai
Pada dasarnya semua orang ingin dihargai, tidak peduli apakah ia orang berpangkat atau tidak,orang miskin atau kaya, sesame agama atau tidak sesama agama, sesama suku atu tidak sesame suku, semuanya ingin di hargai secara propesional.

Namun sayangnya, banyak orang dikalangan kita yang tidak mau menghargai orang lain. Pada hal menghargai bukan berarti memberikan sesuatu yang besar nilainya. Misalkan saja menghargai pendapat orang lain. Hal ini sangat penting dilakukan dalam mebina hubungan yang baik, kalau kita tidak mau menghargai orang lain, jangan berharap orang lain akan mau menghargai kita.
 
#2. Belajar menghormati
Setiap orang sealu ingin dihormati. Oleh karena itu, janganlah kita menghormati orang lain karena kebetulan punya pangkat atau kedudukan.

Kata perlu menghormati orang lain, bila kita melihat orang lain tersebut melakukan sesuatu yang baik. Kita juga perlu menghormati orang yang lebih atau lebih maju dari kita. Suasana yang saling menghormati di antara kita.
 
#3. Suka menolong
 
6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari
6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari
Menolong merupakan susuatu perbuatan mulia, mislanya menolong seseorang yang sedang dalam kesusahan atu menolong orang yang menyelesaikan masalahnya. Menolong tidak harus dengan mengeluarkan uang.

Artikel terkait lainnya : Tata krama bertamu dan menerima tamu dalam islam

Oleh karena itu jadilah orang yang suka menolong . tapi ingat dalam menolong jangan mengharapkan balasan. Bantulah orang lain dengan penuh keikhlasan. Pertolongan yang demikian itu dihapan allah swt, dinilai sebagai suatu amalan ibadah.
 
#4. Mau mengerti
Sikap mau mengerti keadaan orang lain pada dasarnya merupakan perbuatan sangat terpuji, sebab, orang yang mempunyai sikap mau mengerti keadaan orang lain ini membutuhkan kesadaran yang harus ditumbuhkan dari dalam hati nurani yang terdalam.

Oleh karena itu dalam mebina hubungan yang baik, sudah seharusnya kita mau mengerti keadaan orang lain tanpa pandang bulu. Artinya kita harus menghindari sikap acuh tak acuh atau tidak peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya.
 
#5. Mau memberikan pujian
Bila kita melihat teman kita berprestasi  dalam suatu bidang apapun karena hasil kerja keras dan jujur, maka sebaiknya kita mau meberikan pujian terhadap teman kita tadi  . sebab pemberian pujian yang sesuai dengan keadaanya, artinya tampa dibuat – buat, akan memberikan pengaruh positif bagi teman kita, meskipun pujian yang kita berikan itu dalam bentuk sekecil apapun.

Oleh karena itu dalam rangka membina hubungan yang baik antar sesame teman, sebaiknya kita jangan pelit memberikan pujian.
 
#6. Mau memberikan motivasi
Perjalanan hidup seseorang tidak selamanya berjalan mulus, artinya ada kelanya ia mengalami masalah, seperti patah semangat putus asa dan lain sebagainya, sehingga ia kehilangan semangat, malas, tidak bergairah, bila kita mempunyai teman yang mengalami demikian itu maka sebagai teman yang baik tentunya akan memberikan motivasi dorongan sehingga teman kita tadi tumbuh kembali rasa percaya dirinya.

Oleh karena itu dalam mebina hubungan yang baik, sebaiknya kita harus pandai-pandai memberikan motivasi, khususnya terhadap teman yang sedang mengalami suatu masalah.

M.kholili/penulis adalah memperhati masalah-masalah kemasyarakatan dan mantan ketua PGRI kota pesuruan

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan 6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari.

Hubungan yang baik akan menghasilkan sambungan koneksi yang baik terhadap masyarakat, 

Dari tingkah laku dan sikap yang sederhana saja bisa menghasilkan hubungan yang harmonis di tengah masyarakat.

Semoga dengan membaca artikel ini, kita semu bisa menerapkannya di tengah masyarakat agar tidak ada lagi perpecahan anatara individu, tetangga dan masyarakat.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "6 Kiat membina hubungan yang baik secara umum dalam kehidupan sehari-hari "