Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agen dakwah – sikap dan perilaku yang menceriminkan dakwah rasulullah saw periode madinah

Agen dakwah – sikap dan perilaku yang menceriminkan dakwah rasulullah saw periode madinah - Sebagai umat muslim kita di anjurkan untuk saling menasehati, baik itu berupa ucapan, tulisan dan tingkah laku yang baik, sehingga orang merasa terbuka hatinya untuk menjadi lebih baik

Agen dakwah – sikap dan perilaku yang menceriminkan dakwah rasulullah saw periode madinah
Dakwah Islami
Seperti kisah motivasi dan isnpirasi berikut, suatu hari si udin pergi kerumah temannya untuk suatu keperluan. Dirumah temannya, ia menemukan kedamian dan ketenangan , udin memperhatikan apa yang ada. Didalamnya tidak ada suatu yang berharga  atau indah yang mebuat matanya ingin terus memandang. Tetapi dalam keserdeahananya udin merasa mendapatkan suatu nasihat. Padahal sang teman tidak sedikpun menasehatinya, tetapi temannya sudah berdakwah pada udin tampa disadarinya.

Sebagai seorang musim Kita sering tidak menyadari bahwa sebenarnya kita adalah agen-agen dakwah yang sangat potensial. Tampa berbicara pun, keagungan akhlak isalm yang melekat pada diri seorang muslim, telah menjadi dakwah tersendiri bagi orang lain. Pandahulu-pendahulu islam telah membuktikannya dalam kisah berikut:

Dalam perang shiffin, khalifah ali bi abi talib kehilangan baju besinya, kemudian ia melihat baju besi itu di tangan seorang orang yahu, khalifah ali mengatakan pada orang yahu tersebut bahwa baju besi itu itu miliknya tetapi yah itu mengatakan bahwa ia sudah memiliki baju besi tersebut sebelum perang shiffin meletus, perkara itu kemudian si sampaikan ke pengadilan, hakim Negara syuraih menggali perkara ini, oleh hakim syuraih, khalifah ali disuruh mengajukan saksi bukan Dari kalangan keluarga tetapi khalifah ali tidak bisa mengajukannya. Orang yahu itupun kemduian menang perkara karena khalifah ali tidak bisa  mengajukan saksi.

Artikel terkait lainnya : Perbedaan antara infak zakat dan sedekah
Sebenarnya hakim syuraih yakin bahwa baju besi itu milik khalifah ali tetapi ia menjalankan hukum dengan sebaik-baiknya , khalifah ali pun tidak menggunakan kekuasaannya untuk memenangkan perkara. Hal ini mebuat orang yahu takjub akan keadilan isalam, kemudian orang yahu masuk islam

#sikap dan perilaku yang mecerminkan dakwah rasulullah saw 

Sikap dan perilaku yang mencerminkan dakwah rasul periode madianah antara lain:
  • Mengimani bahwa nabi Muhammad saw. Adalah rasul dan nabi penutup para nabi.
  • Mencintai rasulullah. Saw
  • Membiasakan yang disunahkan oleh rasulullah. Saw
  • Gemar dan senang membaca buku sejarah nabi-nabi
  • Memelihara silaturahmi dengan sesama manusia
  • Berkunjung ke tanah suci mekah atau madina untuk melihat / menepak tilas perjungan nabi muhammad saw
  • Mempelajari dan memahami al-qur’an dan hadis-hadis
  • Senantiasa berjihad di jalan allah
  • Aktif dalam acara kepanitian untuk memperingati hari – hari besar islam
  • Merawat dan melestaraikan tempat ibadah (masjid)
  • Menekuni dan memelajari warisan nabi muhammad saw

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan sikap dan perilaku yang menceriminkan dakwah rasulullah saw periode madinah

Semoga kita semua senanitiasa melaksanakan sunah-sunah nabi Muhammad . saw dan dan dapat menjadikan panutan akhlak nabi Muhammad saw dala kehidupan sehari- hari, sampai jumpa lagi pada artikel islami lainya. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Agen dakwah – sikap dan perilaku yang menceriminkan dakwah rasulullah saw periode madinah"