Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi umar bin Abdul Aziz : Dinasti umayyah

Biografi umar bin Abdul Aziz : Dinasti umayyah  - Tokoh dari dinasti umayyah yang sangat berpengaruh pada kemasyhuran islam adalah khalifah umar bin abdul aziz . bila ditelisik nama lengkap umar bin abdul aziz bin marwam bin hakam bin ash bin umayyah bin abdu syams. Pengalaman politik ayahnya adalah pernah menjabat sebagai gebernur mesir cukup lama.

Biografi umar bin Abdul Aziz : Dinasti umayyah
Biografi umar bin Abdul Aziz : Dinasti umayyah
Darah keturunan umar bin abdul aziz berasal dari umar bin khattab melalui ibunya yang bernama laila umm binti aslm binti umar bin khattab.

Para pakar sejarah menyebutkan bahwa dia mampu meniru gaya kepimpinan khulafaur rasyidin. Tidak heran kalau khalifah umar bin abdul aziz sangat berwibawa di mata sahabat dan musuh-musuh politknya, hanya khalifah umar bin abdul aziz yang merupakan khalifah dari dinasti umayyah diakui kebersihannya oleh parakhalifah bani abbasiyah hingga masa sekarang.
 

#Biografi umar bin abdul aziz

Ketika masih kecil, umar bin abdul aziz sering mengunjungi paman dari ibunya, yaitu abdullah bin umar bin khattab. Dia mendapat berbagai cerita tentang kehebatan umar bin khattab dari pamannya, sehingga ia pernah mengumgkapkan keinginan kepada sang ibu bahwa ia bericita-cita agar dapat hidup sebagaimana kakeknya itu. Kehidupan umar bin abdul aziz banyak di madinah sebelum ayahnya meninggal dunia pada tahun 704 M. sepeninggalan ayahnya itu, dia di ajak oleh pamannya yang bernama abdul malik bin marwan ke damaskus kemudian di nikahkan dengan putrinya bernama fatimah binti abdul malik.

Masa muda umar bin abdul aziz dihabiskan untuk menuntut ilmu di madinah, ketika itu madinah satu-satunya pusat ilmu pengetahuan dan setral peradaban islam. Dimadinah pula para ulama hadis dan tafsir berkumpul. Hasil dari belajarnya itu sangat berpengaruh terhadap keperibadiannya dalam melaksanakan amanah ketika ia menduduki tahta kekhalifahan pada dinasti umayyah.

Artikel terkait lainnya : 5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

Pengalam politik umar bin abdul aziz muda adalah pernah menjabat sebagai gebernur hijaz di madinah ketika al-walid bin abdul malik berkuasa. Usianya baru 24 tahun. Gaya kepemimpinan umar bin abdul aziz ketika manjabat gebernur, jauh berbeda dengan gebenur di daerah lainnya. Umar bin abdul aziz terkenal sangat adil dan bijaksana. Seluruh perhatian dan pemikirannya dicurahkan untuk kesejahteraan rakyat. Dia tidak segan-segan membicarakan seluruh persoalan pemerintahan dengan para tokoh setempat, terutama permasalah agama, kepentingan rakyat, dan pemerintahan secara umum.

Ketika al walid bin abdul malik merenovasi masjid nabawi , umar bin abdul aziz ditunjuk menjadi pengawas pelasnaan pembaharuan masjid itu.

Prestasi puncak umar bi abdul aziz adalah ketika ia menjadi khalifah dari setelah mendapat wasiat dari sulaiman bin abdul malik. Khalifah umar bin abdul aziz langsung menunjukkan perubahan drastis dalam hal pola kehidupannya, ia menjauhi kemewahan duniawi, ia menjadi sangat zuhud dan abid, pola hidup yang sederhana itu juga ia tekanan kepada seleuruh keluarganya.

Seluruh harta kekayaan milik khalifah umar bin abdul aziz di serahkan dan agar dikelola sepenuhnya oleh baitul mal, semua emas berlian yang berasal di dalam istana diserahakan pula ke baitul mal. Tidak pernah sedikit pun ia mengambil dari baitul mal.

Referensi : sejarah kebudayaan islam – bab 2 dinasti umayyah – halaman 54 – Taqwa

Nah itulah sejarah singkat mengenai khalifah yang paling tekenal pada pemerintahan dinasti umayyah semoga kita bisa meneladani kepribadian umar bin abdul aziz dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga artikel yang singakat ini dapat menambah pengetahuan anda dalam sejarah kebudayaan islam, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Biografi umar bin Abdul Aziz : Dinasti umayyah"