Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelaksanaan haji di indonesia serta hikmah haji dan umrah

Pelaksanaan haji di indonesia serta hikmah haji dan umrah - Dasar hukum haji di Indonesia diatur dalam undang-undang republic Indonesia nomor 17 tahun 1999. Adapun tujuan dari penyelenggaraan haji di Indonesia adalah untuk memberikan pembinaan , pelayanan, dan perlindungan, yang sebaik-bainya melalui system dan manajemn penyelengaraan yang baik agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama yang serta jamaah  haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehigga diperoleh haji yang mabrur.

Pelaksanaan haji di indonesia serta hikmah haji dan umrah
Pelaksanaan haji di indonesia serta hikmah haji dan umrah
Besarnya jumlah ongkos penyelengaraan ibadah haji ditetapkan oleh prisiden atau usul menteri setelah mendapatkan pesetujuan DPR RI (pasal 9) , biaya penyelenggaraan ibadah hai (BPIH) digunakan untuk keperluan penyelenggaraan ibadah haji yang terdiri dari biaya operasional dalam negri, biaya trasnportasi pulang pergi, dan biaya operasional di arab Saudi.
 

#Hikmah ibadah haji dan umrah

Hikmah haji dan umrah bagi kehidupan pribadi yakni menjadi pribadi yang taat pada perintah allah dan manjauhi larangan allah dalam kehidupan sehari-hari.

Hikmah haji dan umroh akan mampu meberikan dorongan kepada setiap anggota keluaga muslim untuk berusaha sekuat tenaga dengan cara yang halal berupaya mengumpulkan harta sebanyak –banyaknya agar dapat melaksanakan cita-cita menunaikan ibadah haji dan mengigatkan kepada anggota keluarga  untuk berdisiplin dalam beribadah , giat beramal saleh, membiasakan diri berakhlak mulia, dan menjauhkan diri dari akhlak yang jelek, serta berusaha meningkatkan kualitas  hidup yang lebih baik dalam rida allah.swt


Hikmah haji dan umrah dalam kehidupan bermsyarakat berbangsa dan bernegara antara lain:

Memilih semangat berkorban, rela mengorbankan waktu tetangga pikiran dan harta benda untuk kebaikan dan kemajuan masyarakat

Menjadi motivasi bagi seorang muslim untuk mewujudkan persaudaraan dan persatuan (ukhuwah islamiyah) dalam kehidupan bermasyarakat

Dengan melihat tempat-tempat bersejarah di tanah suci,  mereka akan bertmbah pengaruh dan pengalaman , akibatnaya menajadi motivasi untuk mepelajari sejarah tanah airnya, kemudian akan mencintai tanah air dan bangsanya

Haji merupakan pertemuan akbar bagi umat islam di seluruh dunia, mereka akan berkenalan dan mebahas masalah-masalah yang dihadapi masyarakat islam di dunia ini.

Referensi :
pendidikan agama islam – bab infak, zakat, haji, dan wakaf – halaman 46 – kharisma

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Pelaksanaan haji di indonesia serta hikmah haji dan umrah

Indonesia adalah salah satu Negara terbesar yang selalu menampung jamaah haji di arab Saudi. Ibadah haji adalah salah satu rukun islam yang kelima jadi apabila kita sudah mampu baik dari fisik dan jasmani dan rohani serta dana dan biaya dan hal-hal yang terkait lainnya, tidak ada alasan lagi untuk menundanya lagi.

Semoga artikel yang singakat ini dapat menambah pengetahun kamu dan ketakwaan kita kepada allah swt, sampai jumpa lagi bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pelaksanaan haji di indonesia serta hikmah haji dan umrah"