Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surah Al-Mukminun ayat 12-14, kandungan dan perilaku mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14 (proses penciptaan manusia)

Surah Al-Mukminun ayat 12-14, kandungan dan perilaku mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14 (proses penciptaan manusia)
 

#Lafal ayat


وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. (12)
  

ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).(13)


ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.(14)

#Penerapan ilmu tajwid

Bacaan
Hukum Bacaan
Alasan

 خَلَقْنَا

Qalqalah sugra
Karena ada huruf qaf sukun di tengah
 مِنْ سُلَالَةٍ


Ikhfa’
Karena ada nun sukun bertemu dengan huruf sin

 أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ

Ikhfa’
Karena ada nun sukun bertemu dengna huruf syin

 فَتَبَارَكَ اللَّهُ

Tafkhim
Karena ada huruf ra’ fathah
 أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Mad arid
Karena adanya huruf mati dimana berhenti dalam bacaan

#Kandungan ayat

Surah Al-Mukminun ayat 12-14, kandungan dan perilaku mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14 (proses penciptaan manusia)
Proses penciptaan manusia - Q.S Al-Mukminun 12-14

Setiap manusia pasti membutuhkan makan dan minuman. Sumber utama makanan dan minuman manusai berasal dari tanah, hampir tidak ada makanan dan minuman yang tidak berasal  dari tanah. Makanan dan minuman itulah yang kemudian sebagaianya membentuk sariptati menjadi air mani bagi laki-laki dan indung telur pada perempuan. Jika spermatozoa dipersatukan dengan indung telur  maka akan membentuk janin dengan proses yang panjang.
Dengan demikian asal mula manusia adalah dari air mani. Oleh karena itu, dalam ayat tersebut menerengkan bahwa sebagian khalifah dimuka bumi, manusia tidak boleh berlaku curang dan berbuat  kerusakan di muka bumi. Sebab jika allah menghendaki niscaya akan dikembalikan kepda kehinaan sebagaimana asalnya.
 

#Perilaku yang mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14

Perilaku yang mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14 adalah :
  • Bersikap ramah, adil dan penuh kasih sayang  tehadap sesama manusia dan sesama makhluk yang ada di muka bumi ini
  • Senantiasa  bersyukur kepada allah atas segala nikmat yang diterima
  • Menjalankan perintah-nya danmenjauhi larangan-nya.
Daftar pustaka : Fitriana, Anisyah, S,Si, dkk. Modul Pendidikan Agama Islam Untuk SMK Kelas XI. Solo: CV Haka Mj
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Surah Al-Mukminun ayat 12-14, kandungan dan perilaku mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14 (proses penciptaan manusia)

Pada ayat tersebut allah.swt menjelaskan  proses penciptaan manusia dari saripati (sulaalah) tanah yang telah ditentukan kadarnya. Saripati tanah yang dimaksud  dalam ayat di atas adalah ke 16 unsur tanah yang telah ditentukan oleh allah. Setelah sperma menyatu  dengan sel  telur, ke 16 unsur itu berubah menjadi zygote yang menetap pada tempatnya didalam suatu ruangan yang kuat dan kokoh yaitu rahim, selanjutnya zygote ini berproses menjadi segumpal darah, selanjutnya gumpalan darah berproses lagi, sehingga menjadi segumpal daging (sebagaiannya mempunyai bentuk, sebagian lagi tidak mempunyai bentuk ), kemudian berproses lagi hingga tebentuk tulang yang dibungkus oleh daging. Setelah itu keluarlah janin itu, sebagai bayi yang dijadikan allah sebagai khalifahnya di muka bumi ini.

Sebelum ilmu kedoketeran mengetahui tentang proses penciptaan manusia, al-qur’an lebih dulu menjelaskan tentang proses tersebut. Betapa dahsyatnya al-qur’an, hal ini membuktikan bahwa al-qur’an adalah kalam allah. Swt.

Semoga apa yang kita ketahui, dan apa yang kita baca hari ini bisa mejadi suatu ibadah, sampai jumpa lagi pada artikel islami lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Surah Al-Mukminun ayat 12-14, kandungan dan perilaku mencerminkan surah Al-Mukminun ayat 12-14 (proses penciptaan manusia)"