Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian zakat sejarah zakat serta macam-macam zakat : islam

Pengertian zakat sejarah zakat serta macam-macam zakat : islam - Secara bahasa zakat berarti membersihkan. Dengna demikian zakat dianggap sebagai pajak keagamaan yang bertujuan membersihkan harta kekayaan seseorang.

Pengertian zakat sejarah zakat serta macam-macam zakat : islam
Zakat fitrah & mal
Zakat berarti pertumbuhan dan perkembangan. Pajak tersebut disebut demikian Karena zakat mangacu terhadap pertambahan harta kekayaan seseorang di dunia dan member manfaat keagamaan di hari kemudian. Allah swt, berfirman dalam al-qur’an
 

Surah At-taubah ayat 103

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Sedangkan menurut terminology syairah zakat berarti kewajiban atas harta atau kewajiban atas sejumah harta tertentu untuk kelompok tertentu dalam waktu tertentu."

#sejarah zakat

Ayat-ayat al-qur’an yang mengigatkan orang mukmin agar mengeluakan sebagian harta kekayaanya. Menurut pendapat moyoritas ulama, zakat mulai di syariatkan pada tahun ke 2 hijriah . 

Artikel terkait lainya : 5 cara menghindari penyakit hati dalam islam

di tahun tersebut zakat fitrah di wajibkan pada bulan ramdhan, sedangkan zakat maa di wajibkan pada bulan beriktnya, syawal , jadi , mula-mula di wajibkan zakat fitrah kemudian zakat mal atau kekayaan.
Allah berfirman
 

surah al-mukminun ayat 4 artinya :
 

“dan orang yang menaikan zakat”

Kebanyakan ahli tafsir berpendapat bahwa yang di maksud dengan zakat dalam ayat tersebut adalah zakat mala tau kekayaan meskipun ayat itu turun di mekah.


Padahal zakat itu sendiri di wajibkan d madinah pada tahun ke-2 hijriah . fakta ini menunjukkan bahwa kewajiban zakat pertam akali di turnkan saat bai sat, menetap di mekah, sedankan ketentuan nisabnya mulai di tetapkans etelh beliau hijriah ke madinah.

Setelah hijriah ke madinah, rasulullah menerima wahyu berikut ini
 
Q.S Al-baqarah : 110
“dan dirikinlah slat seta tunikanla zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendaptkan pahalanya di sisi allah. Sesungguhnya allah maha melihat apa-apa yangkamu kerjakan”

Mengeni kewajiban zakat, ibnu katsir mengungkapkan, “zakat di tetapkan di madinah pada abad ke 2 hijriah . tempakanya zakat yang di tetapkan di madinah merupak zakat dengan nilai dan jumlah kewajiban khusus, sedangkan zakat yang ada sebelum periode  ini, yang di bicarakan di mekah, merupakan kewaiban perseorangnan semata “.

Sayid aboq menrankan bahwa zakt pada permulaan isalam d wajibkan secara mutalk. Keajiban zakat ini tidak di batasi harta yang diwajibkan untuk di zakati. Akan tetapi, mulai tahun kedua setelh hijriah di tetapkan besar dan jumlah setiap jenis harta seta dijelakan secara terperinci.

Menjalang tahun ke-2 hijriah, rasulullah telah member batasan mengenai aturan –aturan deas, bentuk,bentuk hara yang wajib di zakati, siapa yang harus membayar zakat dan sipa yang berhak menerima zakat.

#macam-macam zakat

Zakat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:
 
#zakat firah
Zakat fitrah yaitu sedekah wajib menjelang idul fitri dengan beberpa ketentuan dan persyaratan besar zaakt 2,5 kg atau 3,5 liter beras

#zakat mal
Mal (harta) adalah zaat harta benda yan telah mencapai nisab, pengertian nisab yaitu batasan minimal hara yan di miliki luntuk dikeluarkan zakatnya.


nah, sekarang kamu sudah tahu bukan pengertian zakat, sejarah zakat, serta macam-macam zakat.

untuk daftar hisab dan besarnya zakat dan golongan yang berhak mnerima zakat akan saya post pada artikel berikutnya.

semoga kita selalu ingat bahwa di setiap harta kita juga ada hak miliki orang lain, untuk itu keluarkanlah zakat.

Baca juga : 
Pengertian infak, perundang-undangan tentang infak serta cara membiasakan diri untuk sanantiasa berinfak  

Memilih pakaian warna putih lebih utama dalam ibadah 
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pengertian zakat sejarah zakat serta macam-macam zakat : islam"