Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

peranan umat islam dalam kehidupan bangsa Indonesia : sejarah perjuangan indonesia

peranan umat islam dalam kehidupan bangsa Indonesia - Peran umat islam terhadap kehidupan bangsa Indonesia melalui beberapa tahapan atau fase diantaranya:
 

#1. pada masa penjajahan

Peran penting umat islam di Indonesia selain menuntun masyarakat kepada agama yang benar juga berperan dalam mempertahankan dan membangun Negara kesatuan republic Indonesia. 
 
peranan umat islam dalam kehidupan bangsa Indonesia : sejarah perjuangan indonesia
peranan umat islam dalam kehidupan bangsa Indonesia : sejarah perjuangan indonesia
Seperti halnya saat Indonesia akan memproklamsikan kemerdekaannya dari tangan penjajah pada tanggal 17 agustus 1945 M. musuh-musuh Indonesia masih berkeinginan untuk menggagalkan arti proklamasi  pada saat itu rais akbar NU dan KH. Hasyim asy’ari menyerukan resulasi jihad, dengan hal itu semangat umat islam dalam membela kemerdekaan berkobar di seluruh Indonesia.
 

#pada masa mempertahankan kemerdekaan

Perjuangan umat islam bukan hanya sebatas merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, namun antra peran penting umat islam lainnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu :
 
#pada tahun 1960 para aktivis islam yang tergabung dalam organisasi masa dan partai berusaha mencegah gagasan nasakom
 
#mengusulkan pembubaran PKI pada tahun 1965 untuk menyelamatkan pancasila dan kesatuan bangsa
 
#mempelopori pembentukan “front pancasila”
 
#mendirikan organisasi sosial dan lembaga –lembaga pendidikan antra lain:
 
 
#Mejelis ulama Indonesia (MUI)
MUI didirikan pada tanggal 26 juli 1975, guna memberikan suatu pertimbangan mengenai kehidupan beragama kepada pemerintah
 
#Nahdahatul Ulama (NU)
NU – nahdahatul ulama bergerak di bidang pendidikan dan dakwah terutama dalam pembinaan pesantren – pesantren di indonesia
 
#Muhammadiyah
Didirikan pada tanggal 18 november 1912 . muhammadiyah bergerak di bidang pendidikan dan kemasyarakatan , mendirikan sekolah –sekolah umum, sekolah sekolah agama dan mendirikan panti asuhan serta rumah sakit.
 
#organisai m@h@sisw@ dan pelajar islam
Oranisasi m@h@sisw@ islam di Indonesia antara lain: pergerakan m@h@sisw@ muslim Indonesia (PMII) , himpunan m@h@sisw@islam (HMI) dan ikatan m@h@sisw@muhammadiyah  (IMM). Adapun organisasi pelajar islam Indonesia antara lain: pelajar islam Indonesia (PII) , ikatan pelajar muhammadiyah (IMM), ikatan pelajar nahdatul ulama (IPNU) dan ikatan pelajar putri nahdatul ulama (IPPNU). Dan lain sebagainya.
 

#peran pada masa pembangunan

Sumbangan atau peran  umat islam selain bentuk fisik dan mempertahankan kemerdekaan, umat islam juga melakukan perkembangan baik pribadi , organisasi lama , maupun lembaga-lembaga pendidikan islam.hal itu dilakukan untuk membantu mewujudkan tujuan nasional , yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bentuk pengembangan pendidikan termasuk pesantren, madrasah, dan lembaga pendidikan islam lainnya.

Pesantren merupakan pendidikan yang sangat berpengaruh dalam nenamkan nilai karakter watak dan karakter bangsa Indonesia. Seluruh lembaga pendidikan islam tercakup pendidikan pesantren. Oleh karena iut, pesanren juga dapat disebut sebagai perguruan agama islam.
 
Referensi : pendidikan agama islam – bab 6 perkembangan islam di Indonesia – halaman 53 - kharisma

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan peranan umat islam dalam kehidupan bangsa Indonesia

Sebagai warga Negara kesatuan bangsa kita sepatutnya selalu berjuang untuk membangun Negara kita ini untuk membebaskan dari kebodohan, saling menghargai satu sama lain, toleransi dan selalu menjaga keutuhan NKRI.

Dari sejarah singkat dan peran serta umat islam di Indonesia dari mulai zaman penjajahan – fase perkembangan – hingga fase pembangunan sekarang banyak sekali peran serta umat islam di Indonesia hal ini tidak akan lepas dari tuan guru-guru kita yang telah berjuang dari masa kemasa untuk membangun keutuhan NKRI bukan merusak apalagi memecah belah NKRI, untuk itu mari kita jaga rasa saling melindungi dari fitnah-fitnah luar yang berusaha merusak Negara Indonesia tercinta ini.

Semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan motivasi dan dapat menambah ketakwaan kita kepada allah.swt. sampai jumpa lagi pada artikel islami lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "peranan umat islam dalam kehidupan bangsa Indonesia : sejarah perjuangan indonesia"