Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Muawiyah bin abi sofyan pendiri dinasti umayyah

Biografi Muawiyah bin abi sofyan pendiri dinasti umayyah - Muawiyah merupakan salah seorang saabat nabi dari keturunan bangsa quraisy. Dia masuk islam ketika dilaksanakannya perjanjian hudaibiyah papda tahun 627 M. kesetiannya kepada rasulullah saw dibuktikan ketika kaum muslimin menaklukkan kota mekah. 

Peran yang pernah dia ikuti bersama rasulullah saw adalah perang hunain. Peran lain dalam islam adalah dia termasuk salah satu penulis wahyu dan parawi hadis, setidaknya ada 163 hadis rasullullah saw, hasil riwayatnya.

Biografi Muawiyah bin abi sofyan pendiri dinasti umayyah
Biografi Muawiyah bin abi sofyan pendiri dinasti umayyah
Muawiyah pernah di doakan oleh rasullah saw, doa rasulullah saw, itu adalah : Ya allah jadikanlah dia orang yang memberikan petunjuk  jalan yang benar dan orang yang mendapatkan hidayah

artikel terkait lainnya : 5 manfaat sholat lima waktu terhadap sikap positif dalam kehidupan sehari-hari

Muawiyah juga termasuk orang yang ahli di bidang politik, terutama ketika khalifah umar bin khattab menjadi pimpinan ummat islam, terbukti dia ditunjuk menjadi jabatan gebernur di syiria, suatu ketika ia memninta izin agar di perkenankan mengusir pasukan romawi malalui laut, tetapi khalifah umar bin khattab melarangnya.

Keinginannya menghancurkan pasukan romawi itu baru terlaksanakan ketika khalifah usman bin affan mengizinkannya untuk menyerang pasukan romawi malalui laut.

Perangpun terjadi dan kemenangan ada di pihak muawiyah bersama pasukan yang dipimpinnya. Perang besar tersebut di kenal dengan nama zat as sawari yang terjadi tahun 661 M. perang ini merupakan perang laut terbesar yang dilakukan kaum muslimin sepanjang sejarah masa pada masa itu.

Setelah masa khulafaur rasyidin berakhir, muawiyah bin abi sofyan mendirikan pemerintahan dengan system yang berbeda pada tahun 661 di damaskus yang terkenal dengan sebutan dinasti umayyah.

Dengan berbagai upaya dan trik politik yang dilakukan oleh muawiyah maka bukan saja sistemnya yang berubah, pusat pemerintahannya pun dipindahkan dari madinah ke damaskus. Kemapuannya menerapkan strategi politik itu diperolehnya sejak masa rasulullah saw sampai pada khalifah ali bin abi thalib berkuasa.

Referensi : sejarah kebudayaan islam – bab 2 dinasti umayyah – halaman 49 – Taqwa

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Biografi Muawiyah bin abi sofyan pendiri dinasti umayyah.

Semoga informasi yang singkat ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda di bidang sejarah kebudayaan islam masa lampau, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Biografi Muawiyah bin abi sofyan pendiri dinasti umayyah"