Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain

Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain - Perilaku menghargai orang lain bisa dilaksanakan dalam berabagai kehidupan sehari-hari  dimasyarakat. Setiap manusia melakukan tindakan ini agar stabilitas kehidupan di berbagai bidang terjaga dengan baik.

Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain
Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain
Nah, dalam artikel kali kita akan membahas tentang Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain

Cara membiasakan menghargai orang lain dapat diterapkan pada lingkungan keluarga – lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Dengan demikian contoh – contoh perilaku menghargai orang lain bisa dilaksanakan dilingkungan masyarakat yang diataranya sebagai berikut :
 
#1. Lingkungan keluarga
Allah. Swt selalu menciptakan manusia dengan kemampuan yang berbeda-beda.     Ada yang diberi kelebihan ada juga yang diberi kekurangan. Mungkin anda dengan saudara lebih pintar atau sebaliknya akan tetapi dengan pola menghargai yang baik maka keutuhan keluarga akan terwujud dengan baik.

Aritikel terkait lainnya : 4 Dosa besar terhadap allah dan dosa besar terhadap diri sendiri

Suasana  kekeluargaan juga akan berjalan lancar-lancar aja. Jika hal ini terjadi sebaliknya maka keluarga tidak akan nyaman ditinggalinya dan akan selalu timbul suatu konflik yang mengancam keutuhan keluarga
 
#2. Lingkungan sekolah
Sekolah adalah tempat atau media belajar dan juga sebagai tempat untuk berkompetitip menghasilkan suatu karya-karya yan tebaik sehingga akan terjadi kompetisis yang ketat.
Dengan menghargai hasil karya orang lain di sekolah maka kehidupan disekolah juga akan berjalan dengan baik.
 
#3. Lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat adalah lingkungan yang sangat kompleks. Orang-orang yang hidup sangat multikultural. Dengan demikian sebagai warga masyarakat yang baik selalu menghargai, menyayangi, dan saling tolong menolonng.
 
Daftar pustaka : Fitriana, Anisyah, S,Si, dkk. Modul Pendidikan Agama Islam Untuk SMK Kelas XI. Solo: CV Haka Mj
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain

Seorang yang telah berkerja dan bersungguh-sungguh dalam pekerjaannya akan bertambah martabat dan kemuliaannya, selain itu bekerja juga akan mendatangkan pahala dan banyak manfaat yang lain. Dengan bekerja seseorang akan sellau berpikir untuk memperbaiki mutu perkerjaanya.

Dengan demikan maka tidak ada lagi sisa waktu utnuk berandai-andai, berkhayal dan melamun. Sebaliknya, bagi orang-orang yang mengangur, berkhayal merupakan kesibukan yang menghabiskan wakutnya. Padahal diketahui bahwa berkhayal itu merupakan bisikan setan, disinilah pangkal segala tindakan kejahatan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah ketakwaan kepada allah.swt dan wawasan anda. sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Cara membiasakan berperilaku menghargai orang lain"

  1. Artikelnya bagus kang, terima kasih ya kang sudah mengingatkan saya ...

    BalasHapus
  2. sama-sama mas, bertafakur dan memperbaiki mutu diri kita (tobat) dari kesalahan lebih baik dari ibadah setahun (al-ghazali)

    BalasHapus