Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya kepemimpinan khulafaur rasyidin

Gaya kepemimpinan khulafaur rasyidin - Gaya kepemimpinan empat sahabat utama rasulullah saw. Memiliki ciri berbeda dan menjadi karekter mereka masing-masing yang saling melengkapi. Keempat sahabat utama tersebut disebut khlafaur rasyidin yang menggantikan kepemimpinan nabi SAW, setelah beliau wafat.

Gaya kepemimpinan khulafaur rasyidin
Gaya kepemimpinan khulafaur rasyidin
Khalifah abu bakar As-shidiq mempunyai sifat jujur dan lembut, tatapi sangat tegas. Apabila keadaan suatu negeri terjadi kekacauan, maka pemimpin yang memiliki sifat dan sikap seperti khalifah abu bakar As-shidiq sangat di butuhkan.

Kejujuran beliau dapa menjernihkan pemikiran musuh-musuh, kelembutan beliau dapat menyadarkan orang-orang yang berpegaruh untuk melakukan perlawanan. Ketegasan khalifah abu bakar As-shidiq sangat berperang dalam meredam orang-orang yang membuat kekacawan dan pemberontakan.


Ketika suasana negara dalam keadaan aman, tipe kepemimpinan seperti khalifah umar bin khattab, sangat dibutuhkan karakter khalifah umar bin khattab adanya pembangunan di segala bidang. Ketegasan khalifah umar bin khattab sangat menunjang pelaksaanaan program pemerintahan. Kecerdasan beliau sangat diperlukan untuk meletakkan dasar-dasar sistem pemerintahan yang islami.

Khalifah usman bin affan adalah pemimpin yang berkarakter sejuk. Beliau sengan saleh, dermawan, sabar. Sifat ini sangat berperan dalam negara yang dalam keadaan benar-benar telah aman. Beliau memungkinkan terciptanya  kesejahteraan rakyat. Kesabaran beliu sangat mendukung untuk menciptakan situasi peribadatan yang khusuk sehingga kesehatan jasmani dan rohani dapat tercapai.

Kahlifah ali bin abi thalib memiliki karakter cerdas, teguh mempertahankan kebenaran, dan rela berkorban. Keadaan negara yang goyah sebagaimana yang terjadi pada masa peralihan kekuasaan dai khlaifah usman bin affah kepada khalifah ali bin abi thalib, menimbulkan perselisihan yang sangat tajam sehingga khalifah ali bin abi thalib, menimbulkan perselisihan yang sangat tajam sehingga menimbulkan kekacauan politik. Keadaan negara yang demikian ini sangat dibutuhkan seorang pimpinan yang tegas dan sangat menghormati kebenaran karekter yang demikian ini dimiliki oleh khalifah ali bin abi thalib sebagaimana ketegasan yang dimiliki oleh khalifah umar bin khattab.

Daftar pustaka : Tim Penyusun Taqwa, Sejarah Kebudayaan Islam untuk Mts kelas 7, Sragen: Akik Pustaka

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Gaya kepemimpinan khulafaur rasyidin
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kepimpinan islam pada masa khulafaur rasyidin sudah sangat baik dan merupakan perdaban yang sangat maju pada masanya yang tetap memperhatikan rakyat dengan akidah dan peradaban moderen.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan keiman kita kepada allah.swt. sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Gaya kepemimpinan khulafaur rasyidin"